Wednesday 20 April 2016

Manfaat dan Fungsi Magnesium

Manfaat dan fungsi magnesium

1. Meringankan asma. Beberapa kajian menunjukkan bahwaa magnesium dapat membantu meringankan penyakit asma pada orang dewasa dan anak-anak usia 6 sampai 18 tahun. Tetapi belum ada bukti klinikal yang menunjukkan jika mengkonsumsi magnesium membantu mengawal gejala asma. Meskipun demikian, rendahnya pengambilan magnesium dapat meningkatkan risiko terkena asma.

2. Menjaga kestabilan tekanan darah. Mengambilan makanan tinggi magnesium seperti susu, buah, dan sayuran secara teratur boleh membantu anda menjaga kestabilan tekanan darah. Semua makanan tersebut kaya dengan magnesium, kalsium dan kalium yang
kesemuanya diperlukan untuk mengawal tekanan darah. Sebuah kajian dengan melibatkan 8.500 wanita menemukan
bahawa pengambilan magnesium dapat mengurangi risiko hipertensi. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa suplemen magnesium dapat membantu menurunkan tekanan darah.

3. Mencegah penyakit jantung. Kekurangan magnesium sering dikaitkan dengan  serangan jantung, kerana salah satu fungsi magnesium adalah menjaga kestabilan degupan jantung. Magnesium melindungi jantung dengan cara menenangkan saraf dan memediasi proses pencernaan yang menganggu sistem kardiovaskular anda. Untuk memenuhi keperluan magnesium harian cubalah banyak mengambil makanan seperti susu, buah segar, sayur dan kacang-kacangan.

4. Mencegah insomnia. Magnesium memiliki efek menenangkan dengan cara mengontrol degupan jantung. Ini bukan hanya bermanfaat untuk mengubati stress, tetapi juga membantu anda mendapatkan tidur yang berkualiti. Stress dan ketegangan sering menjadi penyebab utama masalah sukar tidur atau insomnia.

5. Mencegah diabetes. Magnesium meningkatkan sekresi insulin, yang memfasilitasi metabolisme gula. Tanpa Magnesium, glukosa tidak dapat dihantar ke dalam sel. Glukosa dan insulin boleh menyebabkan kadar gula darah meningkat, sehingga menyebabkan berbagai jenis kerosakan saraf, termasuk saraf mata.

6. Meningkatkan produksi kolagen. Magnesium adalah mineral penting untuk memproduksi protein yang secara perlahan berubah menjadi kolagen. Kolagen yang terjadi secara alami oleh protein sebagian besar ditemukan di jaringan berserat seperti tendon, ligamen, kornea, tulang, usus, tulang rawan, dan pembuluh darah. Semakin banyak kolagen dalam sistem tubuh kita, maka beberapa organ penting di dalam tubuh boleh bekerja secara maksima.

7. Meningkatkan kesihatan tulang. Magnesium menjadi salah satu mineral penting untuk menjaga kepadatan tulang. Kurangnya pengambilan makanan tinggi magnesium dapat menjadi penyebab osteoporosis. Magnesium membantu dalam regulasi kadar kalsium dalam tubuh, bersama dengan vitamin D, zat besi, dan zink. Untuk mempertahankan kepadatan tulang kita harus mencukupi keperluan kalsium, vitamin D, dan magnesium dari makanan atau suplemen. Tetapi lebih baik jika anda mendapatkan magnesium dari makanan untuk menghindari efek samping suplemen magnesium.







Idayani Ahmad Omar
+60 17 446 6355 (PM & Whatsapp Only)
idayaniz355@gmail.com

No comments:

Post a Comment

Blogger TemplatesMy Blogger TricksAll Blogger Tricks
Blogger Widget